Kunjungi Folktarium, PKBM Mukti Utama Demak Merasa Exited dan Termotivasi

  • Jul 02, 2024
  • Muhammad Farid

KUDUS, kbpw.kim.id – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mukti Utama Demak mengunjungi Folktarium Muria di Kampung Budaya Piji Wetan, Ahad (30/06/24). Sebanyak 20 peserta yang terdiri atas staf, pengajar dan pengurus PKBM itu mengaku tepukau dengan upaya pemajuan folklore di Piji Wetan Desa Lau ini.

“Kami cukup exited dengan apa yang disampaikan dan dilakukan oleh teman-teman Kampung Budaya Piji Wetan membuat Folktarium ini,” kata Tegar Adi Saputra, perwakilan peserta kunjungan dan operator PKBM Mukti Utama.

Menurutnya, upaya pengembangan budaya yang dilakukan oleh Kampung Budaya Piji Wetan, mulai dari aktivasi ruang desa, menghidupkan kembali permainan tradisional hingga upaya alih media folklore yang berkembang di Kawasan Muria ini.

“Harapannya, studi banding kami lakukan di sini bisa kami adopsi dan terapkan di PKBM dan masyarakat kami di sana,” imbuh Tegar.

Senada dengan Tegar, salah satu pendidik PKBM Mukti Utama, S. Dzakiroh, merasa termotivasi secara pribadi maupun tim untuk memanfaatkan potensi budaya desa sebagai alternatif pembelajaran. Apalagi di Kampung Budaya Piji Wetan ini, imbuhnya, ada banyak contoh pengembangan ekonomi kerakyatan, sosial masyarakat yang berbasis pada kesenian rakyat.

“Saya berharap akan bisa melakukan hal serupa agar lebih berdampak bagi lingkungan sekitar saya,” terangnya. (red)