Lumbung Baca KBPW

  • Jun 30, 2024

Lumbung Baca KBPW adalah salah satu divisi Kampung Baca Piji Wetan yang bergerak di bidang pemajuan literasi warga. Divisi ini mengelola perpustakaan sederhana yang mengusung semangat pemberdayaan. Ada tiga kegiatan utama yang dijalankan oleh divisi ini, yaitu Arisan Buku, Diskusi Bedah Karya Literasi dan Apresiasi Sastra.

Pertama, Arisan Buku. Menjadi wadah berkumpulnya para pecinta buku setiap dua minggu sekali. Masing-masing dari mereka harus terdaftar sebagai anggota dan membayar iuran wajib sejumlah Rp. 10.000,- setiap pertemuannya. Setelahnya akan diadakan undian sejumlah anggota terdaftar. Dana yang terkumpul akan diberikan kepada anggota yang memeroleh undian sebagai subsidi pembelian buku yang ia inginkan. Setelah buku terbeli, yang bersangkutan diminta kesediaannya untuk berbagi ulasan tentang buku yang dibelinya kepada anggota lain pada pertemuan selanjutnya. Program ini bertujuan untuk meningkatkan daya beli masyarakat terhadap buku bacaan. Selain itu, program ini juga menjadi sarana melatih publik speaking serta brainstorming (tukar pendapat) antar anggota dalam mengulas karya buku dan penerbitan.

Kedua, Diskusi Bedah Karya. Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan di bidang kepenulisan dan penciptaan karya fiksi dan non-fiksi. Penulis atau pemilik karya, baik dari kalangan anggota maupun non-anggota, diberi kesempatan untuk memaparkan hasil karyanya terlebih dahulu. Setelah itu, para anggota diskusi akan menanggapi karya tersebut dengan pengetahuan yang mereka miliki secara bergantian. Para anggota diskusi boleh melakukan kritik, memberi masukan atau saran atau sekadar membandingkannya dengan karya lain yang serupa. Harapan dari adanya diskusi ini, masing-masing anggota akan saling menstimulasi dan menularkan vibrasi positif dalam meningkatkan produktivitas mereka.

Ketiga, Apresiasi Sastra. Yaitu program pemanfaatan karya sastra yang sudah ada, baik itu milik sendiri maupun milik orang lain, dengan cara dibacakan, dipentaskan dan/atau di-alih media-kan dalam bentuk lain. Bentuk dari apresiasi bisa berupa pendeklamasian, musikalisasi, pembacaan nyaring atau membuatnya menjadi sebuah pementasan teater/drama. Program ini bertujuan sebagai sarana mempromosikan karya sastra agar lebih mudah dinikmati oleh khalayak sehingga menarik ketertarikan mereka untuk membaca karya-karya sastra.

Selengkapnya, tentang kegiatan divisi Lumbung Baca KBPW bisa dilihat dalam akun instagram @kampungbudayapijiwetan maupun @lumbungbacakbpw. Kami juga menerima donasi/hibah buku untuk pengembangan koleksi perpustakaan kecil kami. Untuk info lebih lanjut bisa hubungi Koordinator Divisi Lumbung Baca, Saiful Annas (089514841279/WA)