Folktarium Muria

  • Jun 30, 2024

Folktarium Muria merupakan program jangka panjang dari Kampung Budaya Piji Wetan sebagai pusat pembelajaran cerita rakyat dan budaya yang ada di Kawasan Muria. Folktarium Muria berisi beragam informasi tentang cerita rakyat/rakyat Muria yang dipadukan dengan instalasi seni rupa, situs budaya, dan metode pelestariannya. 

Laboratorium folklore ini digadang menjadi museum folklore pertama di Indonesia dengan konsep terbuka yang menyatu dengan kehidupan masyarakat desa. Ke depannya, Folktarium ini diharapkan akan menjadi pusat pembelajaran cerita rakyat Nusantara dengan menampilkan diorama arsip dan cerita tentang Muria. Pengunjung akan mendapatkan pengalaman membaca, melihat dan menonton sendiri cerita rakyat-cerita rakyat yang ditampilkan di sudut-sudut ruang desa sebagai upaya pelestarian dan pemajuan budaya, khususnya Muria.

Untuk merealisasikan program tersebut, kami telah merancang roadmap sehingga folktarium ini ditargetkan mulai dirintis pada tahun ke-3. Pada tahun pertama, kami ingin fokus pada penguatan kelembagaan melalui lokakarya budaya desa, pengembangan kapasitas SDM, dan diseminasi forum. Sembari tetap menjalankan beragam program masyarakat sehingga simpul sosial budaya tetap terjaga.

Pada tahun ke-2, kami mulai merancang desain kasar laboratorium folklore dengan pemetaan dan penempatan instalasi seni, pembuatan buku hingga uji coba residensi. Sementara rencana pengembangan tahun ke-3, akan lebih fokus pada kerjasama, branding yang lebih luas dan upaya digitalisasi serta promosi yang lebih masif untuk mengenalkan kekayaan alam dan budaya Muria.

Harapan besarnya, folktarium Muria akan menjadi rintisan atau embrio pemetaan Kawasan Muria sebagai Global Geopark and Culture yang diakui oleh masyarakat nasional maupun dunia. Sehingga kunjungan kami dalam memelihara budaya Nusantara, khususnya di Kawasan Muria yang bertajuk Asah, Asih dan Asuh ke depannya terus terjaga dan terlaksana secara berkelanjutan.

Ingin tahu lebih lanjut tentang Folktarium Muria kami? kunjungi laman Download untuk mendapatkan brosurnya.